PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 03 BINUANG KAMPUNG DALAM PADANG

Oktafia, Herlina Sari and Yusrizal, Yusrizal and rona, taula Sari (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 03 BINUANG KAMPUNG DALAM PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (203kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di SDN 03 Binuang Kampung Dalam Padang tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas IV sebanyak 58 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan sampling purposive. Kelas eksperimen yaitu kelas IV B sedangkan kelas kontrol yaitu kelas IV A. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan perolehan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 83,75 > kontrol = 76,96) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan t���� > t� �� (t���� = 2,226 > t� �� = 1,672). Maka dapat disimpulkan, hasil penelitian siswa kelas 1V B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok memiliki rata-rata ketuntasan 78,56% dan siswa kelas 1V A sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 60%. Maka dapat diketahui bahwa (1). Hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. (2). Terdapat peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini bahwa pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok lebih baik dari pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Keliling Kelompok, Pendidikan Kewarganegaraan, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:26
Last Modified: 08 Nov 2023 03:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item View Item