PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 27 SUNGAI SAPIH PADANG

Rahmadani, Rahmadani and Pebriyenni, Pebriyenni and M., Tamrin (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 27 SUNGAI SAPIH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (146kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar PKn kelas V SDN 27 Sungai Sapih Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 76 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Kelas eksperimen yaitu kelas V.C sedangkan kelas kontrol V.B. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script memiliki rata-rata 86,2, dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata hasil belajar 74,2. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung 2,98 > ttabel 1,68. pada taraf nyata α sebesar 0,05 dan dk = 48 dari penilaian t tersebut, thitung > ttabel, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Script memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V. B dan V. C SDN 27 Sungai Sapih Padang tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Pembelajaran, Cooperative Script, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:40
Last Modified: 08 Nov 2023 03:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17227

Actions (login required)

View Item View Item