PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICEREHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 09 AIR PACAH

Sherly, Amanda Syahril and Hendra, Hidayat and Siska, Angreni (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICEREHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 09 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (168kB)
[img] Text
full teks2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan model pembelajaran aktif tipe Practice-Rehearsal Pairs dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN 09 Air Pacah Padang tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian eksperimen. Populasi seluruh siswa/siswi kelas IV SDN 09 Air Pacah, teknik pemilihan sampel menggunakan random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas IVA sedangkan kelas kontrol IVB. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji nomalitas, homogenitas, dan hipetosis dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran Aktif Tipe Practice-Rehearsal Pairs memliki rata-rata hasil belajar 78,45 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki ratarata hasil belajar 66,39, dan hasil uji hipotesis sebesar 0,005 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan model pembalajaran aktif tipe Practice-Rehearsal Pairs dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN 09 Air Pacah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:00
Last Modified: 08 Nov 2023 04:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17233

Actions (login required)

View Item View Item