PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWAKELAS V SD NEGERI 09 AIR PACAH PADANG

Sri, Rahma Desi and NURHARMI, NURHARMI and Zulfa, Amrina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWAKELAS V SD NEGERI 09 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (757kB)
[img] Text
bab v- dp.pdf

Download (191kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz lebih baik dari hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 09 Air Pacah Padang tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V SDN 09 Air Pacah yang berjumlah 72 orang. Teknik pemilihan sampel menggunakan random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas VA berjumlah 26 orang sedangkan kelas kontrol yaitu kelas VB berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji nomalitas, uji homogenitas variansi, dan uji hipetosis dengan menggunakan microsoft office excel 2007. Pada hasil penelitian ini, siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz memperoleh rata-rata hasil belajar 81,23 dan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata hasil belajar 75,80 dan hasil uji hipotesis diperoleh ����� = 2,194 dan �� �� = 2,015. Jadi ����� > �� �� Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 09 Air Pacah Padang. Kata Kunci : Pembelajaran, Team Quiz, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:07
Last Modified: 08 Nov 2023 04:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17235

Actions (login required)

View Item View Item