PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD PLUS MARHAMAH TABING PADANG DENGAN METODE DISKUSI KELAS

Syofiyanti, Syofiyanti and Zulfa, Amrina and Hasnul, Fikri (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD PLUS MARHAMAH TABING PADANG DENGAN METODE DISKUSI KELAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (243kB)
[img] Text
FULL TEKS.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi dan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V di SD Plus Marhamah Tabing Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan: (1) kemampuan komunikasi siswa kelas V dalam menyajikan pernyataan matematika, (2) kemampuan komunikasi siswa dalam mengajukan dugaan, (3) kemampuan komunikasi siswa dalam menarik kesimpulan, dan (4) hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran matematika. Suparno, (2001:135), “komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan oleh sumber melalui saluran tertentu kepada penerima atau “receiver”. Hamid ( 2010:175) “hasil belajar merupakan prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan, yang menjadi indikator kompetensi dan derajat perubahan perilaku yang bersangkutan”. Suryobroto dalam Trianto (2010:122) “ diskusi adalah suatu percakapan ilmiah oleh beberapa orang yang tergabung dalam satu kelompok, untuk saling bertukar pendapat tentang suatu masalah atau bersama-sama mencari pemecahan mendapatkan jawaban dan kebenaran atas suatu masalah”.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016 di SD Plus Marhamah Tabing Padang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Plus Marhamah Tabing Padang, yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan komunikasi siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui persentase kemampuan komunikasi siswa dalam menyajikan pernyataan matematika pada siklus I 34,5% meningkat menjadi 74% pada siklus II, persentase kemampuan komunikasi siswa dalam mengajukan dugaan pada siklus I 25% meningkat menjadi 69,5% pada siklus II, persentase kemampuan komunikasi siswa dalam menarik kesimpulan pada siklus I 27,5% meningkat menjadi 74% pada siklus II. Persentase hasil belajar matematika secara kognitif pada siklus I 40% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Diskusi Kelas di SD plus Marhamah Tabing Padang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Komunikasi, Hasil Belajar, Diskusi Kelas, Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:12
Last Modified: 08 Nov 2023 04:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17237

Actions (login required)

View Item View Item