PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 10 SUNGAI SAPIH KOTA PADANG

Wahyu, Muliana and Wince, Hendri and Darwianis, Darwianis (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 10 SUNGAI SAPIH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (142kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions dengan kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri 10 Sungai Sapih, Padang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 10 Sungai Sapih, Padang pada tahun pelajaran 2016/2017. Sebanyak 66 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t (thitung = 1,83 > ttabel = 1,67). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions lebih tinggi (rata-rata 83,22) dari pada pembelajaran konvensional (rata-rata 77,42) secara signifikan (α=0,05). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student TeamAchievement Divisions memberikan pengaruh yang lebih positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Kata kunci :Student Teams-Achievement Divisions, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:31
Last Modified: 08 Nov 2023 04:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17240

Actions (login required)

View Item View Item