PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD N 27 PASAR KAMBANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Widya, Illa Sari and Gusnetti, Gusnetti and Hendra, Hidayat (2017) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD N 27 PASAR KAMBANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (181kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan model Student Facilitator And Explaining lebih baik dari pada hasil belajar Bahasa Indonesia yang tidak menggunakan model pembelajaran biasa pada siswa kelas IV SD N 27 Pasar Kambang Kabupaten Pesisir Selatan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Student Facilitator And Explaining lebih baik dari pada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas IV SD N 27 Pasar Kambang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas IV sebanyak 47 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan purposi sampling. Dalam hal ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas IV B sedangkan kelas kontrol kelas IV A. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, kesamaan rata-rata, homogenitas, dan hipetosis dengan bantuan software SPSS versi 17.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining memiliki rata-rata hasil belajar 89,75 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata hasil belajar 76,50, dan hasil uji hipotesis sebesar 0,002 atau < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model Student Facilitator And Explaining lebih baik daripada pembelajaran konvensional serta penerapan model Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD N 27 Pasar Kambang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Penelitian eksperimen, model student facilitator and explaining, Hasil Belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:35
Last Modified: 08 Nov 2023 04:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17241

Actions (login required)

View Item View Item