Analisa Kekuatan Tekan Material Hap – Borosilikat Pada Temperatur Sintering 1000 ̊ C Dengan Variasi Komposisi Dan Gaya Tekan Cetaakan

HAFIZ, RUSMADI and Burmawi, Burmawi and Wenny, Marthiana (2018) Analisa Kekuatan Tekan Material Hap – Borosilikat Pada Temperatur Sintering 1000 ̊ C Dengan Variasi Komposisi Dan Gaya Tekan Cetaakan. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (244kB)
[img] Text
FULL TEKS.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)

Abstract

Material komposit sudah dikembangkan dalam berbagai aplikasi untuk mengganti bahan graft bagi tulang manusia terus menigkat, dengan meningkatnya penggunaan hidrosiapatit sebagai biokomposit berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasi kelemahan hidroksiapatit sebagai mana sifatnya rapuh. salah satunya material komposit hidrosiapatit borosilikat yaitu borosilikat (borak dan silika) sebagai bahan pengikat, dengan dengan pencampuran material dengan mengunakan mesin ball miling dicentering dengan temperature 1000 ̊ C, Pembentukan specimen uji duji dengan gaya penekanan 25 KN. Mendapatkan nilai sifat mekanik dilakukan uji kekuatan gaya tekan cetakan sebesar 25 kN dan menghasilkan kekuatan tekan maksimum 42.75675 MPa pada komposisi 80 : 20, Nilai modulus elastisitas 6486.727 MPa. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa penambahan borosilikat dalam pembentukan biokomposit tidak merubah struktur senyawa kimia hidroksiapatit. Kata kunci : Biokomposist Hidroksiapatit, kekuatan tekan, Modulus elastisitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:09
Last Modified: 09 Nov 2023 03:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17275

Actions (login required)

View Item View Item