Analisa Kekuatan Tekan Material Hap – Borosilikat Pada Temperatur Sintering 1000 ̊ C Dengan Variasi Komposisi Dan Gaya Tekan Cetakan

HERSAN, FERNANDA and Burmawi, Burmawi and Rizky, Arman (2018) Analisa Kekuatan Tekan Material Hap – Borosilikat Pada Temperatur Sintering 1000 ̊ C Dengan Variasi Komposisi Dan Gaya Tekan Cetakan. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (192kB)
[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan Hidroksiapatit sebagai material graft tulang terus meningkat. Untuk memanfaatkan hidroksiaptit sering dibentuk menjadi bikomoposit. Pembentukan bikomposit hidroksiapatit dimaksudkan untuk mengatasi kelemahan hidroksiapatit yang bersifat rapuh. Unsur yang ditambahkan dalam pembentukan biokomposit ini adalah borosilikat. Pencampuran material ini diatur dengan komposisi tertentu dengan menggunakan ball miling. Untuk membentuk specimen uji dicetak dengan gaya penekanan 15 KN dan di beri suhu sentering sebesar 1000˚C untuk mengetahui kekuatan dari biokomposit hidroksiapatit dan borosilikat maka dilakukan pengujian tekan. Dari hasil pengujian tekan maka di dapatkan nilai optimum pada komposisi 75 : 25 dengan nilai kekuatan tekan sebesar 46,32 Mpa dan memberikan nilai modulus elastisitas sebsar 3647,343 Mpa Hal ini memberikan kesimpulan bahwa penambahan borosilikat dalam pembentukan biokomposit tidak merubah senyawa struktur kimia hidroksiapatit. Kata kunci : Biokomposit, hidroksiapatit, Borosilikat, Sintering, Gaya tekan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:27
Last Modified: 09 Nov 2023 03:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17277

Actions (login required)

View Item View Item