Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Memanfaatkan Evaluasi Aplikasi Kahoot Pada Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Bukittinggi

ROSMALIA, DIANA and Wince, Hendri and Gusmaweti, Gusmaweti (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Memanfaatkan Evaluasi Aplikasi Kahoot Pada Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Bukittinggi. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
7 ROSMALINA DIANA (1610013221008) ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
7 ROSMALINA DIANA (1610013221008) BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
7 ROSMALINA DIANA (1610013221008) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
7 ROSMALINA DIANA (1610013221008) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
7 ROSMALINA DIANA (1610013221008) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
7 ROSMALINA DIANA (1610013221008) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
7 ROSMALINA DIANA (1610013221008) COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
7 ROSMALINA DIANA (1610013221008) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas X IPA SMA Negeri 1 Bukittinggi dan untuk melihat manfaat aplikasi kahoot pada hasil belajar siswa. Dengan populasi berjumlah 316 siswa pada tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Post-Test-Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan pencabutan lot dan terpilih kelas X IPA 9 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 7 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas kontrol adalah 80,63 dan kelas eksperimen adalah 92,12. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil tes akhir selanjutnya diolah dengan uji hipotesis. Dari analisis data diporoleh harga thitung dibandingkan ttabel dk dengan taraf α= 0,05 diperoleh ttabel = 1,6695 dan thitung = 3,9566. Hal ini berarti thitung > ttabel dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan evaluasi aplikasi kahoot pada hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Bukittinggi, penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa daripada menggunakan metode konvensional, serta manfaat aplikasi kahoot yaitu dapat membantu dalam mempercepat proses penilaian evaluasi siswa. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, STAD, aplikasi kahoot, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:12
Last Modified: 27 Nov 2020 02:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item