PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KURIKULUM 2013 UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 3 KOTA PARIAMAN

ASRA, INDAH and Azrita, Azrita and Rona, Taula Sari (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KURIKULUM 2013 UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 3 KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
11 Asra Indah (1610013221013) ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
11 Asra Indah (1610013221013) BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
11 Asra Indah (1610013221013) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
11 Asra Indah (1610013221013) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
11 Asra Indah (1610013221013) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
11 Asra Indah (1610013221013) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
11 Asra Indah (1610013221013) COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
11 Asra Indah (1610013221013) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi pencemaran lingkungan yang valid dan praktis pada tingkat kognitif C4-C6. Adapun yang menjadi latar belakang dari penelitian ini adalah soal yang dibuat guru masih berada pada tingkatan C1-C3 dan masih terdapat kendala bagi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi sedangkan pada kurikulum 2013 guru dituntut untuk dapat memberikan soal pada ranah C4-C6. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Jenis penelitian ini menggunakan 3 tahap dari 4-D model yaitu tahap pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dihasilkan instrumen penilaian yang sangat valid sebesar 3,33 oleh validator, validitas empiris terdapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, reliabilitas pada penelitian ini sebesar 0,77 dengan kategori reliabel, praktikalitas guru 94,79% dan praktikalitas siswa sebesar 80,80%, tingkat kesukaran soal antara 0,31 sampai dengan 0,70 dengan kriteria sedang dan daya beda soal memiliki kriteria cukup. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi peneliti lain yang penelitiannya berhubungan dengan ini. Kata Kunci : Instrumen, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Beda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:27
Last Modified: 27 Nov 2020 02:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item