ANALISIS KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMAHAMAN SAINS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA KELAS VII MTsN 3 KOTA PARIAMAN

OVI, ZURAH MEI and Gusmaweti, Gusmaweti and Wince, Hendri (2020) ANALISIS KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMAHAMAN SAINS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA KELAS VII MTsN 3 KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
13 OVI ZURAH MEI (1610013221015) ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
13 OVI ZURAH MEI (1610013221015) BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
13 OVI ZURAH MEI (1610013221015) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
13 OVI ZURAH MEI (1610013221015) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
13 OVI ZURAH MEI (1610013221015) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
13 OVI ZURAH MEI (1610013221015) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
13 OVI ZURAH MEI (1610013221015) COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
13 OVI ZURAH MEI (1610013221015) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesiapan belajar peserta didik menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dalam pemahaman sains dan sumbangan kesiapan belajar tersebut terhadap pemahaman sains. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling dengan besaran sampel 123 peserta didik kelas VII MTsN 3 Kota Pariaman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensi dengan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan belajar peserta didik untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 yaitu sebesar 3,418 berada pada kategori siap dengan rincian komponen sebagai berikut: keterampilan aspek Collaboration (3,63), Critical Thinking and Problem Solving (3,36), Creativity and Innovation (3,35) dan Communication (3,33). Dari hasil analisis regresi sederhana diperoleh nilai koefisien kesiapan belajar adalah 0,384 ini berarti setiap penambahan satu unit kesiapan belajar maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,384 sehingga kesiapan belajar peserta didik berpengaruh positif terhadap pemahaman sains berdasarkan hasil belajar IPA. Besarnya sumbangan relatif kesiapan belajar peserta didik terhadap pemahaman Sains yaitu 54,7%. Dari penelitian dapat disimpulkan peserta didik sudah memiliki tingkat kesiapan belajar cukup tinggi dalam menyiapkan pembelajaran sains untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Implikasi penelitian adalah kepada guru untuk mengarahkan dan mengembangkan kesiapan belajar tersebut sehingga terjadi peningkatan pemahaman sains di Era Revolusi Industri 4.0. Kata kunci: Kesiapan belajar, pemahaman sains, era revolusi industri 4.0

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:35
Last Modified: 27 Nov 2020 02:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item