Nurza, Fina and Hendra, Hidayat and Rona, Taula Sari (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL DRILL PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 2 SELALU BERHEMATENERGI SUBTEMA 3 ENERGI ALTERNATIF UNTUK KELAS IVSD NEGERI 05 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
49 NURZA FINA 1610013411034 Cover.pdf Download (29kB) |
|
Text
49 NURZA FINA 1610013411034 Abstrak.pdf Download (23kB) |
|
Text
49 NURZA FINA 1610013411034 BAB I.pdf Download (115kB) |
|
Text
49 NURZA FINA 1610013411034 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
49 NURZA FINA 1610013411034 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
49 NURZA FINA 1610013411034 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
49 NURZA FINA 1610013411034 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
Text
49 NURZA FINA 1610013411034 Daftar Pustaka.pdf Download (150kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model drill pada pembelajaran IPA Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif untuk kelas IV SD Negeri 05 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Deveopment). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Intrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Media pembelajaran interaktif berbasis model drill pada pembelajaran IPA divalidasi oleh 2 orang dosen, serta diujicobakan kepada 1 orang guru dan 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis model drill dengan menggunakan aplikasi macromedia flash 8 untuk siswa kelas IV SD menggunakan formula Aiken V memenuhi kriteria valid dengan nilai 0.93 dari aspek materi, 0.82 dari aspek media dan criteria kepraktisan dengan nilai 0.96 dari praktisi guru, 0.88 dari praktisi siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis model drill memuhi criteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA di kelas IV di sekolah dasar. Kata kunci :pengembangan, media pembelajaran IPA, model drill, macromedia flash 8
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ahmad Elzuhri |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 04:44 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 04:44 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/181 |
Actions (login required)
View Item |