PERANAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG DENGAN MODUS TENAGA KERJA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS DI POLRESTA PADANG)

Ryan, Irzano and Uning, Pratimaratri (2024) PERANAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG DENGAN MODUS TENAGA KERJA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS DI POLRESTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-SKRIPSI RYAN IRZANO 20-289.docx

Download (560kB)
[img] Text
PENUTUP RYAN IRZANO.docx

Download (28kB)
[img] Text
FINAL-SKRIPSI RYAN IRZANO 20-289.docx
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

Pemberatasan Tindak Pidana Perdagangan Orang Diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Pada Tahun 2023 ada satu kasus yang ditangani oleh Polresta Padang, kasus tersebut dilakukan dengan motif untuk mencari keuntungan. Korban dijanjikan pekerjaan yang gajinya tinggi oleh pelaku sesampai pada ditempat kerja tidak sesuai malah dijadikan pembantu rumah tangga. Hal ini adanya agen illegal yang memanfaatkan orang yang membutuhkan uang untuk hidupnya, namun oknum ini memanfaatkan untuk mengambill keuntungan demi kepentingan diri sendiri. Rumusan Masalah: (1) Peranan kepolisian Polresta Padang dalam penegakan hukum TPPO ke luar negeri (2) kendala Polresta Padang kepolisian dalam penegakan hukum TPPO ke Luar Negeri. Jenis penelitian adalah yuridis sosiologis, sumber data adalah primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen, data dianalisis secara kualitatif. Simpulan penelitian: (1) Dalam peran penegakan hukum wilayah hukum Polresta Padang TPPO yang ditangani Polresta Padang sudah dilakukan sebaik-baiknya, Dalam prosesnya bekerja sama dengan dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk membantu penyidikan sampai penangkapan tersangka. (2) kendala dalam penangkapan tersangka lain diluar negeri disebabkan terhambatnya akses keterbatasan zona nasional dan internasional serta membutuhkan waktu yang lama. Kata Kunci: Perdagangan Orang, Penegakan Hukum, Kepolisian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:17
Last Modified: 15 Mar 2024 02:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18655

Actions (login required)

View Item View Item