IMPLEMENTASI KEAMANAN SISTEM PEMERINTAH BERBASIS ELEKTRONIK BEDASARKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 12 TAHUN 2022 DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Gilang Ramdani Arta, Gilang and Helmi Chandra SY, Helmi (2024) IMPLEMENTASI KEAMANAN SISTEM PEMERINTAH BERBASIS ELEKTRONIK BEDASARKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 12 TAHUN 2022 DI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
File 1 Skripsi Gilang Ramdani Arta.pdf

Download (209kB)
[img] Text
File 2 Skripsi Gilang Ramdani Arta.pdf

Download (100kB)
[img] Text
File 3 Skripsi Gilang Ramdani Arta.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2024.

Download (542kB)

Abstract

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bertujuan pada pemakai teknologi informasi untuk memberikan informasi dan layanan kepada sektor swasta, masyarakat, dan urusan yang berkaitan dengan administrasi dan pelayanan publik. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Keamanan SPBE Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam sistem keamanan SPBE di Kabupaten Pesisir Selatan 2) Apa saja kendala-kendala yang telah di temukan dalam Pelaksanaan Sistem Keamanan SPBE di Kabupaten Pesisir Selatan? 3) Bagaimana Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan Sistem Keamanan SPBE di Kabupaten Pesisir Selatan? Jenis penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian adalah 1) Keamanan Sistem Pemerintah berbasis elektronik telah menjadi focus mengamankan sistem dan data. Enkripsi kuat digunakan untuk melindungi informasi yang disimpan. Perlindungan Fire Wall dan sistem deteksi intrusi digunakan untuk mencegah akses yang tidak sah. 2) Kendala-kendala yang terjadi dalam Keamanan SPBE terdapat seperti Kerentanan Website, serangan yang mengacak-acak website, Kerentanan Sistem, Kerentanan Pemindaian dan Kerentanan Jringan, kendala tersebut merata terjadi di seluruh pemerintah daerah. 3) Upaya-upaya penyelesaian kendala-kendala yang telah ditemukan dalam pelaksanaan keamanan SPBE yaitu penyelenggara SPBE menggunakan alat keamanan Fire Wall di alat tersebut sudah diintimigasi oleh alat Fire Wall dalam kerentanan-kerentanan untuk melakukan perbaikan. Kata Kunci : Keamanan SPBE, Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:01
Last Modified: 15 Mar 2024 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18667

Actions (login required)

View Item View Item