PELAKSANAAN PERAN LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN KONSUMEN TERHADAP USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA PADANG

Vikra, Halim and Yofiza, Media (2024) PELAKSANAAN PERAN LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN KONSUMEN TERHADAP USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI Vikra Halim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
Penutup.pdf

Download (106kB)
[img] Text
COVER Dll.pdf

Download (547kB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan kesadaran konsumen diatur dalam Pasal 44 Ayat (3) Poin b Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen yang menyatakan bahwa menyebarkan informasi dalam rangka meningkatkan kesadaran atas hak dan kewajiban dan kehati-hatian konsumen dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan peran Lembaga Perlindungan Konsumen dalam meningkatkan kesadaran konsumen terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Padang? 2) Bagaimanakah kendala lembaga Perlindungan Konsumen dalam meningkatkan kesadaran konsumen terhadapp Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Padang? 3) Bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Konsumen dalam menghadapi kendala untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Padang? Jenis penelitian Jenis penelitian adalah yuridis sosiologis. Sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu studi dokumen dan wawancara. Sumber data dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian yaitu: 1) Pelaksanaan peran Lembaga Perlindungan Konsumen yaitu: melakukan sosialisasi kepada masyarakat, kegiatan advokasi kepada konsumen yang membutuhkan, layanan iklan online LPKSM terhadap makanan UMKM di Kota padang. 2) Kendala Lembaga Perlindungan Konsumen adalah: minimnya biaya operasional, kurangnya kepedulian masyarakat terhadap suatu produk UMKM, masih adanya pelaku usaha UMKM yang melakukan kecurangan, kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas. 3) Upaya yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Konsumen yaitu: adanya dana kas LPKSM, melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Padang. Kata Kunci : Peran, Lembaga perlindungan Konsumen, Kesadaran Konsumen, UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:44
Last Modified: 15 Mar 2024 01:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18680

Actions (login required)

View Item View Item