PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN PENYELENGGARA KESEHATAN DALAM KASUS DUGAAN MALPRAKTIK MEDIK DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. M. DJAMIL KOTA PADANG

Yudianto, Yudianto and Yofiza Media, Yofiza (2024) PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN PENYELENGGARA KESEHATAN DALAM KASUS DUGAAN MALPRAKTIK MEDIK DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. M. DJAMIL KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bunghatta.

[img] Text
Cover, Pengesahan Persetujuan, Abstrak, Daftar Isi (3).pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB Pendahuluan.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB Simpulan dan Saran.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Skripsi Perdata (Yudianto 20-041) Revisi FIXSSS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Perdata (Yudianto 20-041) Revisi FIXSSS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Malpraktik medik adalah tindakan atau kelalaian oleh tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan medis yang tidak sesuai dengan standar profesi, menyebabkan kerugian atau bahaya pada pasien. Rumusan masalah adalah (1) Bagaiamanakah Pelaksanaan kewajiban dan tanggung jawab rumah sakit dalam kasus Dugaan Malpraktik medik, (2) Apakah kendala yang dihadapi Rumah Sakit dalam pelaksanaan Hak dan Kewajiban sebagai penyelenggara kesehatan, dan (3) Bagaimanakah Upaya yang dilakukan rumah sakit dalam pelaksanaan hak dan kewajiban Sebagai penyelenggara Kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis. Melibatkan Data Sekunder dan Data Primer, Pengumpulan Data dilakukan melalui wawancara, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian (1) Pelaksanaan Kewajiban dan Tanggung Jawab Rumah Sakit, hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah sakit melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya dengan mengintegrasikan audit medis, kolaborasi tim ahli, dan peningkatan protokol penanganan. Tujuannya untuk memastikan penerapan standar etika dan hukum terkait malpraktik medik. (2) Kendala Rumah Sakit dalam Pelaksanaan Hak dan Kewajiban, kompleksitas aspek hukum, keterbatasan sumber daya, dan hambatan komunikasi internal. Diperlukan perbaikan dalam manajemen sumber daya dan koordinasi departemen. (3) Upaya Rumah Sakit dalam Pelaksanaan Hak dan Kewajiban: Upaya termasuk peningkatan pelatihan staf medis, pengawasan internal, dan pembentukan tim multidisiplin. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman akan hak dan kewajiban sebagai penyelenggara kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:30
Last Modified: 15 Mar 2024 01:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18698

Actions (login required)

View Item View Item