IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SOLOK NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG PENGELOLAAN KEPARIWISATAAN DALAM PENYEDIAAN FASILITAS UMUM DESTINASI PARIWISATA DI DANAU SINGKARAK KABUPATEN SOLOK

Baihaqi, Muhammad Al Anshor and Nurbeti, Nurbeti (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SOLOK NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG PENGELOLAAN KEPARIWISATAAN DALAM PENYEDIAAN FASILITAS UMUM DESTINASI PARIWISATA DI DANAU SINGKARAK KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Lampiran, Abstrak, Kata Pengantar, dan Daftar Isi.docx

Download (21MB)
[img] Text
BAB I Ansor.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB IV Penutup Anshor.docx

Download (21kB)
[img] Text
Full Text Ansor.docx

Download (30MB)

Abstract

Banyaknya tempat pariwisata di Kabupaten Solok, terkhususnya di Danau Singkarak tidak sejalan dengan penyediaan fasilitas umum di berbagai tempat pariwisata di Kabupaten Solok, oleh karena itu pemerintahan kabupaten solok mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Kepariwisataan. Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah Pelaksanaan Penyediaan Fasilitas Umum Dalam Pengelolaan Destinasi Parawisata Di Danau Singkarak Kabupaten Solok? 2) Apa saja Kendala-Kendala Yang Dihadapi Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Penyediaan Fasilitas Umum Dalam Pengelolaan Destinasi Parawisata di Danau Singkarak Kabupaten Solok? 3) Apa saja Upaya-Upaya Dilakukan Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Penyediaan Fasilitas Umum Dalan Pengelolaan Destinasi Parawisata di Danau Singkarak Kabupaten Solok?. Jenis penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumen dan analisis data secara kualitatif. Hasil Penelitian: 1) Fasilitas umum di wisata Kawasan danau singkarak belum ramah bagi lanjut usia dan disabilitas, disamping itu juga fasilitas seperti toilet masih belum bersih, namun disamping itu fasilitas umum seperti parkiran, tempat makan, dan musholla bisa dibilang layak dan bagus, namun jika dikaitkan dengan pelaksanaan fasilitas umum untuk pariwisata bisa dibilang belum maksimal. 2) Kendala-Kendala Yang Dihadapi Pemerintah Daerah ialah anggaran yang tidak mumpuni, lahan yang boleh dikelola kecil, masuk Danau Prioritas Nasional , Streotip penduduk sekitar danau yang beranggapan bahwa WC sebagai tempat kumuh. 3) Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah adalah bekerja sama dengan pihak lain, mengupayakan investasi dari badan usaha milik nagari, dan mengupayakan izin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:15
Last Modified: 15 Mar 2024 07:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18731

Actions (login required)

View Item View Item