ANALISIS TINGKAT KEPATUHAN HUKUM MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS BUNG HATTA TENTANG ATURAN LARANGAN MEROKOK DI KAWASAN BELAJAR MENGAJAR

Tiara, Purnama Jelita and Uning, Pratimaratri (2024) ANALISIS TINGKAT KEPATUHAN HUKUM MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS BUNG HATTA TENTANG ATURAN LARANGAN MEROKOK DI KAWASAN BELAJAR MENGAJAR. Diploma thesis, Universites Bung Hatta.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Bab IV Penutup.pdf

Download (1MB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesehatan merupakan aset terpenting setiap makhluk hidup, namun asap rokok telah lama menjadi penyebab gangguan kesehatan di seluruh dunia. Fenomena perokok pasif, di mana orang tidak merokok tetapi terpapar asap rokok orang lain, turut menciptakan ancaman kesehatan yang melibatkan seluruh populasi. Meskipun upaya internasional telah dilakukan, laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa sekitar 34,5 persen dari populasi dunia, sekitar 70,2 juta orang, masih merupakan perokok. Indonesia menempati peringkat ketiga dalam jumlah perokok terbanyak setelah Tiongkok dan India. Sebagai respons terhadap permasalahan ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan, termasuk Pembentukan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Perguruan tinggi, sebagai bagian dari KTR, menjadi fokus, mengingat keberadaan mahasiswa yang harusnya lebih memahami hukum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepatuhan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta terhadap aturan larangan merokok di kawasan belajar mengajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepatuhan mahasiswa dan faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan hukum mahasiswa terhadapat aturan Kawasan Tanpa Rokok. Metode penelitian yang digunakan yuridis sosiologis dengan data primer melalui kuesioner dan observasi, serta data sekunder dari fasilitas gedung dan jumlah mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepatuhan mahasiswa tergolong rendah, meskipun terdapat himbauan "No Smoking" di area kampus. Faktor-faktor seperti lingkungan, pendidikan, keluarga, ekonomi, dan pandangan terhadap aturan memengaruhi kepatuhan mahasiswa. Kesadaran akan bahaya rokok juga berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:49
Last Modified: 18 Mar 2024 02:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18802

Actions (login required)

View Item View Item