Penerapan Perjanjian Kerja Bagi Pekerja Alih Daya pada Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Distribusi Sumatera Barat (PT.PLN UID Sumbar)

Sutan Muhammad, Wira Hasri and Suamperi, Suamperi (2024) Penerapan Perjanjian Kerja Bagi Pekerja Alih Daya pada Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Distribusi Sumatera Barat (PT.PLN UID Sumbar). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1 Skripsi Sutan Muhammad Wira Hasri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2 Skripsi Sutan Muhammad Wira Hasri.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)

Abstract

Kebijakan outsourcing di Indonesia didasari dengan Pasal 64 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, menyebutkan bahwa ”outsourcing adalah suatu perjanjian kerja yang dibuat antara pengusaha dengan tenaga kerja, dimana perusahaan tersebut dapat menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian pemborongan pekerjaan yang dibuat secara tertulis”. Rumusan masalah 1) Bagaimana pelaksanaan perjanjian kerja bagi pekerja outsourcing, 2) Apa kendala yang terjadi dalam pelaksanaan perjanjian kerja, dan 3) Bagaimana upaya penyelesaian kendala yang dilakukan PT.PLN UID Sumbar. Penelitian ini menggunakan kajian hukum yuridis sosiologis, dengan menggunakan data primer (wawancara) dan data sekunder dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan perjanjian kerja waktu tertentu terhadap pekerja outsourcing pada PT.PLN UID Sumbar sesuai dengan undang-undang No 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Kendala yang terjadi pada perjanjian kerja antara pekerja outsourcing dengan PT.PLN (Persero) UID Sumbar padang adalah perihal masalah pembayaran upah atau gaji yang tidak sesuai dengan kontrak yang tertulis di dalam perjanjian kerja yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Sehingga merugikan pihak pekerja dari segi materil dan non materil, dari peraturan yang berlaku sudah diatur didalam Undang-Undang Ketenagakerjaan bahwasanya Gaji atau upah yang diberikan kepada pekerja harus sesuai antara kewajiban dan hak pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:47
Last Modified: 18 Mar 2024 02:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item