Upaya Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Skill Matematika Melalui Model Problem Solving Sisiwa Kelas IV SDN 031/XI Kampung Dalam Kota Sungai Penuh

Elzahra, Oktameri and Zulfa, Amrina (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Skill Matematika Melalui Model Problem Solving Sisiwa Kelas IV SDN 031/XI Kampung Dalam Kota Sungai Penuh. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI ELZAHRA OKTAMERI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING SISWA KELAS IV SDN 031/XI KAMPUNG DALAM KOTA SUNGAI PENUH Elzahra Oktameri1, Zulfa Amrina1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : eoktameri@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengerjakan soal higher order thinking skill soal C4–C6 (HOTS) pada mata pelajaran Matematika. Yang mana pada level kognitif C4 mencakup menganalisis, C5 mencakup mengevaluasi dan C6 mencakup mencipta atau mengkreasi. Padahal pesatnya perkembangan pengertahuan dan teknologi abad 21 yang menuntut siswa memiliki kemampuan higher order thinking skill. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan higher order thinking skill pada mata pelajaran matematika melalui model problem solving Kelas IV SDN 031/XI Kampung Dalam. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan tes kemampuan HOTS.Hasil observasi aktivitas guru memperoleh nilai 60% dengan kategori cukup mengalami peningkatan pada siklus II 82,5% dengan kategori baik sekali. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan higher order thinking skill dengan model problem solving pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Selain itu, juga dilakukan tes kemampuan higher order thinking skill siswa pada siklus I menunjukkan 36,36% (4 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai kriteria penilaian HOTS, sedangkan pada siklus II menunjukkan 72,72% (8 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai kriteria penilaian HOTS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model problem solving terbukti dapat meningkatkan kemampuan higher order thinking skill siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 031/XI Kampung Dalam dan menjadi sebuah alternatif untuk meningkatkan kemampuan higher order thinking skill siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV. Kata kunci : Kemampuan higher order thinking skill, problem solving, dan matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:04
Last Modified: 18 Mar 2024 06:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18876

Actions (login required)

View Item View Item