Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Menjadi Komik Peserta didik Fase E SMA N 3 Painan

RESTU, MAINO and Yetty, Morelent and Syofiani, Syofiani (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Menjadi Komik Peserta didik Fase E SMA N 3 Painan. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I RESTU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA RESTU.pdf

Download (484kB)
[img] Text
TESIS RESTU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia peserta didik menemukan banyak jenis teks yang harus dikuasai sehingga semakin banyak pula struktur berpikir yang dapat digunakan peserta didik dalam kehidupan sosial dan akademiknya nanti. Salah satu teks yang perlu dikuasai yaitu teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis keterampilan menulis teks anekdot menjadi komik peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi daripada peserta didik yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik Fase E SMA N 3 Painan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu (quasy experimental design). Populasinya adalah seluruh siswa di SMAN 3 Painan dan menetapkan kelas X E4 dengan siswa sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X E1 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen. 1) Hasil ana,lisis data menunjukkan bahwa Hasil Keterampilan menulis teks anekdot peserta didik yang diajar dengan model (PjBL) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional. 2) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar yang diajar dengan model PjBL lebih baik dibandingkan hasil belajar sisw pada kelas yang diajar dengan model konvensional. 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran project based learning (PjBL) dan motivasi belajar dalam memengaruhi keterampilan menulis teks anekdot fase E SMAN 3 Painan. Kata Kunci: Keterampilan menulis, motivasi, menulis teks anekdot, model pembelajaran PjBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO Magister
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:03
Last Modified: 18 Mar 2024 02:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18918

Actions (login required)

View Item View Item