PENGARUH MODEL KUNJUNGAN GALERI (WINDOW SHOPPING) TERHADAP KEMAMPUAN 4C (CRITICAL THINGKING, CREATIVITY, COMMUNICATION, COLLABORATION) DAN HASIL BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS XI (FASE F) SMA NEGERI 3 PAINAN

Ermaweni, Ermaweni and Syofiani, Syofiani and Hasnul, Fikri (2024) PENGARUH MODEL KUNJUNGAN GALERI (WINDOW SHOPPING) TERHADAP KEMAMPUAN 4C (CRITICAL THINGKING, CREATIVITY, COMMUNICATION, COLLABORATION) DAN HASIL BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS XI (FASE F) SMA NEGERI 3 PAINAN. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I ERMAWENI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA ERMAWENI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
TESIS LENGKAP ERMAWENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat tidak hanya berpengaruh pada hasil belajar murid namun juga akan mempengaruhi keterampilan berpikir murid. Salah satu keterampilan berpikir yang sering dibicarakan saat ini adalah keterampilan abad ke-21 yang biasa disebut dengan 4-C. Teori inti yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kunjungan galeri (Kurdi 2017), cerpen (Nurgiyantoro 2012), dan kemampuan 4-C (Agustin 2021). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model kunjungan galeri terhadap kemampuan 4-C dan hasil belajar murid dalam pembelajaran teks cerpen kelas XI (Fase F) SMA Negeri 3 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis eksperimen semu dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah murid XI SMA Negeri 3 Painan yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 109 murid yang tersebar di 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan 4-C dan tes unjuk kerja pembelajaran unsur-unsur teks cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, kemampuan 4-C murid kelas XI (Fase F) SMA Negeri 3 Painan menggunakan model kunjungan galeri lebih baik daripada kemampuan 4-C murid tanpa menggunakan model kunjungan galeri. Kedua, hasil belajar murid kelas XI (Fase F) SMA Negeri 3 Painan menggunakan model kunjungan galeri lebih baik daripada hasil belajar murid tanpa menggunakan model kunjungan galeri. Ketiga, kemampuan 4-C memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar murid pada pembelajaran teks cerpen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model kunjungan galeri mempengaruhi kemampuan 4-C dan hasil belajar murid dalam pembelajaran teks cerpen kelas XI (Fase F) di SMA Negeri 3 Painan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kunjungan Galeri, Kemampuan 4-C, Pembelajaran Teks Cerpen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO Magister
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:04
Last Modified: 18 Mar 2024 02:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18919

Actions (login required)

View Item View Item