UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENCURIAN HEWAN TERNAK JENIS SAPI (Studi Kasus Polsek Kinali Kabupaten Pasaman Barat)

jandres saputra, aldo and Hendriko, Arizal (2024) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENCURIAN HEWAN TERNAK JENIS SAPI (Studi Kasus Polsek Kinali Kabupaten Pasaman Barat). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Lampiran, Abstrak, Kata Pengantar, dan Daftar Pustaka.docx

Download (362kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (20kB)
[img] Text
Fullteks.docx
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)

Abstract

Tindak pidana pencurian ternak sapi di Kinali sampai saat ini sangat meresahkan, ketika mendekati hari perayaan umat muslim pencurian hewan ternak sapi semakin tinggi tingkat pencurian hewan ternak sapi milik masyarakat di Kinali ini menjadi masalah yang cukup serius. Tindak Pidana Pencurian hewan diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 di dalam Pasal 363 Ayat (1) Butir 1 KUHP. Rumusan masalah (1)Bagaimanakah upaya penanggulangan tindak pidana pencurian hewan ternak jenis sapi di wilayah hukum Kepolisian Sektor Kinali Kabupaten Pasaman Barat? (2)Apa kendala-kendala yang ditemui Kepolisian Sektor Kinali dalam penanggulangan tindak pidana pencurian hewan ternak jenis sapi? Jenis penelitian yang digunakan untuk memperoleh data ini yaitu yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen yang kemudian data dianalisis secara kualitatif. Simpulan (1)Upaya Kepolisian Sektor Kinali dalam penanggulangan tindak pidana pencurian hewan ternak adalah berupa upaya Penal dan upaya Non-Penal. (2)faktor penghambat Kepolisian Sektor Kinali dalam menanggulangi tindak pidana pencurian hewan ternak sapi yang paling dominan adalah Faktor Masyarakat dan serta Faktor Internal dan Eksternal. Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk penegakan hukum sangat kurang karena kebanyakan masyarakat berpikirian masih takut, enggan atau malas berurusan dengan polisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:08
Last Modified: 19 Mar 2024 01:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18956

Actions (login required)

View Item View Item