PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA KELAS VI SDN 47 KORONG GADANG KOTA PADANG

Aulia, Rahmi and Siska, Angreni (2024) PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA KELAS VI SDN 47 KORONG GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover dll.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL & LAMPIRAN AULIA RAHMI S.Pd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VI dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing di SD Negeri 47 Korong Gadang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas VI sebanyak 25 orang. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh melalui pengamatan, kegiatan guru serta tes akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan proses pembelajaran guru pada siklus I 78,12% dengan kategori cukup dan pada siklus II 93,74% dengan kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I 61% dengan kategori cukup dan pada siklus II 87% dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 74,92 dengan ketuntasan 56% pada siklus I menjadi rata-rata 87,84 dengan ketuntasan 88% pada siklus II. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 47 Korong Gadang Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, agar kedepannya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:36
Last Modified: 21 Mar 2024 06:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item View Item