Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Model Konstruktuvisme Kelas IV SD Negeri 176/III Siulak Kecil Mudik Kabupaten Kerinci

Lifzy Amanda Putri, Amanda and Siska, Angreni (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Model Konstruktuvisme Kelas IV SD Negeri 176/III Siulak Kecil Mudik Kabupaten Kerinci. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI LIFZY AMANDA PUTRI 20-179. i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI LIFZY AMANDA PUTRI 20-179. ii.pdf

Download (194kB)
[img] Text
SKRIPSI LIFZY AMANDA PUTRI 20-179..pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa dalam mengerjakan soal HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV dengan model konstruktivisme di SD Negeri 176/III Siulak Kecil Mudik Kabupaten Kerinci. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh melalui pengamatan, kegiatan guru serta tes akhir pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata aktivitas guru pada siklus I 75 meningkat pada siklus II 87,5. Perolehan hasil belajar silus I dengan rata-rata 68,68 persentase ketuntasan 63,63% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 82,27 dengan persentase 81,81%. Dari temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA di SD Negeri 176/III Siulak Kecil Mudik Kabupaten Kerinci. Maka di sarankan agar dapat menggunakan model konstruktivisme pada proses pembelajaran dengan tahap pelaksanaan yang baik sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:04
Last Modified: 20 Mar 2024 07:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19092

Actions (login required)

View Item View Item