PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENOMORAN BERPIKIR BERSAMA (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEDIA FILM ANIMASI SISWA KELAS VB SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG

Feby, Afifah Salfitri and Rio, Rinaldi (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENOMORAN BERPIKIR BERSAMA (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEDIA FILM ANIMASI SISWA KELAS VB SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
(I) FEBY AFIFAH SALFITRI.pdf

Download (511kB)
[img] Text
(II) FEBY AFIFAH SALFITRI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
(III) FEBY AFIFAH SALFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks deskripsi di kelas VB SD Negeri 35 Pagambiran. Hal ini disebabkan tidak bervariasinya guru dalam menggunakan model dan media pembelajaran saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi model Penomoran Berpikir Bersama (Numbered Head Together) dengan media film animasi kelas VB SD Negeri 35 Pagambiran Kota Padang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Penomoran Berpikir Bersama (Numbered Head Together) yang dikemukakan oleh Palupi, dkk (2023:23) dan media pembelajaran film animasi dikemukakan oleh Paggara, dkk (2022:5), serta pendapat Arikonto (2010) untuk menganalisis data. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata 73,5% dan siklus II 80%, mengakami kenaikan 6,5%. Observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 71,5% dan siklus II 81%, mengalami kenaikan 9,5%. Ketuntasan keterampilan menulis teks deskripsi siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 50% dengan rata-rata nilai nilai73,5 dan dan siklus II sebesar 86% dengan rata-rata nilai 85 atau mengalami peningkatan persentase ketuntasan keterampilan menulis teks deskripsi sebesar 36%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Penomoran Berpikir Bersama (Numbered Head Together) dan media film animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada kelas VB SD Negeri 35 Pagambiran. Kata kunci : keterampilan menulis, teks deskripsi, model Penomoran Berpikir Bersama (Numbered Head Together), media film animasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:47
Last Modified: 21 Mar 2024 03:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19114

Actions (login required)

View Item View Item