PENYELESAIAN GANTI KERUGIAN PADA NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING ATAS KESALAHAN TRANSAKSI PIHAK BANK DI BANK NAGARI CABANG UTAMA PADANG

Leona, Ratu Larissa and Zarfinal, Zarfinal (2024) PENYELESAIAN GANTI KERUGIAN PADA NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING ATAS KESALAHAN TRANSAKSI PIHAK BANK DI BANK NAGARI CABANG UTAMA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mobile banking adalah fasilitas elektronik channel yang diakses oleh nasabah pengguna mobile banking dengan menggunakan smartphone yang telah di aktifkan aplikasi mobile bankingnya. Dasar hukum ganti kerugian pada nasabah terdapat dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen. Perlindungan konsumen yang di maksud disini adalah nasabah. Kesalahan transaksi dapat disebabkan dari berbagai pihak internal, eksternal dan dari pihak bank. Rumusan Masalah: (1) Bagaimanakah penyelesaiaan ganti rugi pada nasabah pengguna mobile banking yang mengalami kesalahan transaksi? (2) Bagaimanakah tanggung jawab bank atas kerugian yang di alami oleh nasabah? Jenis penelitian adalah penelitian yuridis sosiologis. Sumber data adalah Data Primer dan Data Sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen, dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian: 1) Penyelesaiaan ganti kerugian pada nasabah pengguna mobile banking yang mengalami kesalahan transaksi dengan cara menelpon call center (150234) yang kemudian akan di catat oleh customer service lalu diteruskan ke kantor pusat untuk penyelesaiaannya, dan juga bisa datang ke kantor bank nagari terdekat. 2) Tanggung jawab bank atas kerugian yang di alami nasabah dengan mengganti kerugian yang di alami nasabah dengan mengembalikan seratus persen kerugian yang di alami nasabah jika memang terbukti bahwa pihak bank yang melakukan kesalahan setelah dilakukan investigasi pihak bank. Kata Kunci: Ganti Kerugian, Mobile Banking, Kesalahan Transaksi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:15
Last Modified: 20 Mar 2024 01:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item View Item