PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODELKOOPERATIFTIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS V MEDINAH SDIT NURUL IKHLAS PADANG

Afdilla, Zikra and Isnanda, Romi (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODELKOOPERATIFTIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS V MEDINAH SDIT NURUL IKHLAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (555kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB KESIMPULAN SARAN ZIKRA .pdf

Download (123kB)
[img] Text
SKRIPSI ZIKRA AFDILLA (WATERMARK) REVISI_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODELKOOPERATIFTIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS V MEDINAH SDIT NURUL IKHLAS PADANG Zikra Afdilla, Romi Isnanda Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: zikraafdilla37@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menyimak siswa dan guru belum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di SDIT Nurul Ikhlas kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di SDIT Nurul Ikhlas Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh guru kelasnya sendiri dengan menyusun, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan tindakan melalui siklus secara kolaboratif dan partisipasi yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pembelajran di kelasnya. Subjek peneltian di kelas V Medinah sebanyak 22 siswa terdiri dari 13 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan dalam satu siklus 2 kali petemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan menyimak siswa memperoleh nilai rata-rata 66,63 dengan kategori cukup dengan persentase 27,27%, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77,90 dengan kategori baik dengan persentase 72,73%. Hal ini menunjukkan dari siklus I sampai siklus II untuk persentase mengalami peningkatan sebanyak 45,46% dan rata-rata kemampuan menyimak siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik sehingga hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V Medinah SDIT Nurul Ikhlas Padang mengalami peningkatan. Kata kunci: Kemampuan Menyimak, Bahasa Indonesia, Numbered Head Together

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:54
Last Modified: 21 Mar 2024 06:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19140

Actions (login required)

View Item View Item