MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV B SDN 03 ALAI TIMUR

Dola Lova Rini, Dola and Enjoni, Enjoni (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV B SDN 03 ALAI TIMUR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
skripsi point i.pdf

Download (664kB)
[img] Text
skripsi point ii.pdf

Download (488kB)
[img] Text
skripsi point iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV B SDN 03 ALAI TIMUR. Dola Lova Rini1, Enjoni 1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : dolalovarini@gmail.com ABSTRAK Tujuan utama penelitian ini adalah untuk merinci bagaimana siswa kelas empat di SDN 03 Alai Timur memperoleh manfaat dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran sains dan teknologi mereka. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian tindakan kelas berdasarkan paradigma Problem Based Learning (PBL) di kelas. Sebanyak dua puluh dua siswa laki-laki dan perempuan tahun pertama SDN 03 Alai Timur berpartisipasi dalam penelitian ini. Alat pembelajaran yang digunakan adalah soal ujian hasil belajar dan lembar kegiatan instruktur. Dari siklus I ke siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 65,71 menjadi 82, dan persentase ketuntasan meningkat dari 74,85% menjadi 89%, berdasarkan penelitian ini. Dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL), guru mampu belajar secara efektif. Proporsi rata-rata keterlibatan instruktur meningkat dari 85,5% menjadi 93% antara siklus I dan II. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas empat di SDN 03 Alai Timur dapat memperoleh manfaat dari penerapan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) ke dalam pembelajaran IPAS. Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan paradigma Problem Based Learning (PBL) menjadi fokus penelitian masa depan yang diantisipasi sesuai dengan saran penelitian ini. Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:10
Last Modified: 21 Mar 2024 07:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19153

Actions (login required)

View Item View Item