PERTANGGUNG JAWABAN PT. J&T EXPRESS CABANG SOLOK SEBAGAI PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG KEPADA KONSUMEN TERHADAP KERUSAKAN DAN KEHILANGAN BARANG

Fajar, Isra Herawan and Suamperi, Suamperi and Prima, Resi Putri (2024) PERTANGGUNG JAWABAN PT. J&T EXPRESS CABANG SOLOK SEBAGAI PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG KEPADA KONSUMEN TERHADAP KERUSAKAN DAN KEHILANGAN BARANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNGHATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAM PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (958kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke pusat perbelanjaan untuk mencari kebutuhannya, cukup menggunakan smartphone yang dimilikinya dan mencari barang yang dibutuhkan secara online dan tunggu di rumah, penjual akan mengirimkan barang sesuai permintaan pembeli melalui jasa pengiriman salah satunya yaitu PT. J&T Express Cabang Kota Solok. Namun terdapat beberapa masalah dalam pengiriman seperti kerusakan dan kehilangan barang sehingga merugikan konsumen. Pihak layanan pengiriman harus bertanggung jawab terhadap kerusakan dan kehilangan barang tersebut. Permasalahan yang akan dibahas yaitu: 1) Apakah faktor penyebab terjadinya kerusakan dan kehilangan barang konsumen pada saat pengiriman di PT. J&T Express Kota Solok?. 2) Bagaimanakah tanggung jawab PT. J&T Express perusahaan layanan pengiriman terhadap kerusakan dan kehilangan di Kota Solok?. Penelitian inimenggunakan pendekatan hukum sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi kepustakaan, analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat dua faktor penyebab kerusakan dan kehilangan dalam pengiriman barang yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 2) Pertanggung jawaban pihak PT. J&T Express Kota Solok terhadap kerusakan dan kehilangan barang konsumen dengan mengganti kerugian baik menggunakan asuransi maupun tidak menggunakan ansuransi sesuai standar operating prosedure (SOP) J&T Express yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KD England and Wales
K Law > KF United States Federal Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:23
Last Modified: 20 Mar 2024 01:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19155

Actions (login required)

View Item View Item