PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 KOTO SANI KABUPATEN SOLOK

TRI, YOVA and Wirnita, Eska (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 KOTO SANI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (491kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 12 Koto Sani Kabupaten Solok yang disebabkan pada saat proses pembelajaran berlangsung guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan mendeskripsikan sejauh mana peningkatan hasil nilai keterampilan membaca pemahaman menggunakan model PBL pada kelas IV SD Negeri 12 Koto Sani Kabupaten Solok. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran PBL dikemungkakan oleh Rusman (2011). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 12 Koto Sani Kabupaten Solok yang berjumlah 20 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan membaca siswa, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa. Ketuntasan hasil belajar keterampilan membaca siswa pada siklus I dan siklus II, diperoleh presentase keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 40% dengan rata-rata hasil belajar 63 dimana peneliti belum melaksanakan pembelajaran secara maksimal dan belum mencapai indikator keberhasilan, dan meningkat pada siklus II sebesar 85% dengan rata-rata hasil belajar 81,75 dimana siswa mengalami perubahan cara belajar dengan menggunakan model PBL siswa dapat menunjukan kemampuannya dalam membaca pemahaman. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca pemahaman dengan model PBL dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 12 Koto Sani Kabupaten Solok. Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Model Problem Based Learning (PBL), Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:29
Last Modified: 21 Mar 2024 07:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19159

Actions (login required)

View Item View Item