Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV melalui Model Project Based Learning di SDN 54 Anak Air Kecamatan Koto Tangah Kota padang

Sheni, Andrea Zulfa and Arlina, Yuza (2024) Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV melalui Model Project Based Learning di SDN 54 Anak Air Kecamatan Koto Tangah Kota padang. Diploma thesis, Universitas Bung hatta.

[img] Text
cover, halaman pengesahan, daftar isi, pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Full Teks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SDN 54 ANAK AIR KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG Sheni Andrea Zulfa1, Arlina Yuza1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-Mail: sheniandreazulfa22@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN 54 Anak Air Koto Tangah Kota Padang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru, angket kemandirian dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I mencapai 77,08% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 93,74%. Kemandirian belajar siswa pada siklus I yaitu 54,44% meningkat pada siklus II menjadi 76,29%. Kenaikan kemandirian belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 21,85%. Sedangkan hasil belajar Matematika siswa pada siklus I mencapai 60,18% meningkat pada siklus II menjadi 75,55%. Kenaikan hasil belajar Matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 15,37%. Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemandirian dan hasil belajar matematika siswa dapat meningkat melalui model Project Based Larning (PjBL) Kata kunci: Kemandirian, Hasil Belajar, Project Based Learning (PjBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:36
Last Modified: 21 Mar 2024 07:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19175

Actions (login required)

View Item View Item