PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PPKn SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT (PCP) DI SD NEGERI 54 ANAK AIR KOTA PADANG

Sari, Damayanti and Tamrin, Tamrin (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PPKn SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT (PCP) DI SD NEGERI 54 ANAK AIR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,_HALAMAN_PENGESAHAN_PERSETUJUAN,_ABSTRAK,_DAFTAR_ISI,_DAN_BAB_PENDAHULUAN[1].pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB_KESIMPULAN_SARAN_DAN_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (107kB)
[img] Text
FULL_TEKS_SKRIPSI[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PPKn SISWA KELAS V DENGAN MODEL POINT COUNTER POINT (PCP) DI SDN 54 ANAK AIR KOTA PADANG Sari Damayanti1, M. Tamrin1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: saridamay812@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini diatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas beajar PPKn siswa di kelas V SDN 54 Anak Air Kota Padang. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PPKn Melalui Model Point Counter Point (PCP). Jenis penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek peneitian ini adalah siswa keas V SDN 54 Anak Air Kota Padang berjumah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar observasi aktivitas guru dan Lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas diskusi siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 71,15%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata persentase 80,76%. Aktivitas berargumen pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 69,22%, meningkatnya aktivitas pada siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 88,46%. Dari hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Point Counter Point (PCP) dapat divariasikan dalam penggunaan pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar PPkn siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model (Point Counter Point)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:48
Last Modified: 21 Mar 2024 07:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19183

Actions (login required)

View Item View Item