PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SDN 47 KORONG GADANG DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA

AMI, IZIAH and Wirnita, Eska (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SDN 47 KORONG GADANG DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA. Diploma thesis, Universita Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN.pdf

Download (815kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
SKRIPSI AMI IZIAH FINISH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas I di SDN 47 Korong Gadang Padang. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 47 Korong Gadang Padang yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes kemampuan membaca permulaan siswa. Bedasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa rata-rata persentase aktivitas guru siklus I sebesar 70,00% meningkat menjadi 90,00% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata persentase siklus I sebesar 67,00% meningkat menjadi 92,5% di siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I, dari 28 orang siswa masih terdapat 7 orang yang belum pandai membaca. Pada siklus II dari 28 orang terdapat 2 orang yang belum pandai membaca. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai tes membaca permulaan pada siklus I sebesar 76,4 dengan persentase 75% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 85 dengan persentase 92,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan membaca permulaan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas I SDN 47 Korong Gadang Padang. Kata Kunci: Kemampuan, membaca permulaan, PBL, observasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:49
Last Modified: 21 Mar 2024 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19184

Actions (login required)

View Item View Item