UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODELTEAMS GAMES TOURNAMENT DI SDN 54 ANAK AIR PADANG

Rolandio, Eferdi and Yulfia, Nora (2024) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODELTEAMS GAMES TOURNAMENT DI SDN 54 ANAK AIR PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (957kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model Teams Games Tournament di SDN 54 Anak Air Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Subjek penelitan adalah siswa kelas VI SDN 54 Anak Air Padang yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada siklus I yaitu 62% meningkat pada siklus II menjadi 72% dengan kriteria baik. Persentase aktivitas siswa dalam diskusi kelompok pada siklus I yaitu 68% meningkat pada siklus II yaitu 76% dengan kriteria baik. Persentase aktvitas siswa dalam menyimpulkan pada siklus I yaitu 59% meningkat pada siklus II yaitu 72% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh persentase siklus I yaitu 56,52% dengan rata-rata 74,78 meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan rata-rata 86,4. Hal ini dapat dikatakan target indikator dalam penelitian berhasil tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI SDN 54 Anak Air Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:44
Last Modified: 21 Mar 2024 03:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19207

Actions (login required)

View Item View Item