PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU LKPD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV B DI SDN 01 ULAK KARANG SELATAN

Muhamad, Ikbal and Zulfa, Amrina (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU LKPD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV B DI SDN 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER^J HALAMAN PENGESAHAN^J ABSTRAK^J DAFTAR ISI^J BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir tingkat tinggi penting dimiliki, khususnya bagi siswa Sekolah Dasar karena kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat membantu siswa untuk mengasah logika, berpikir kritis serta dapat membuat siswa untuk mengontruksi pengetahuan yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Think Pair Share berbantu LKPD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Berdasarkan observasi aktivitas guru saat pembelajaran pada siklus I diperoleh dengan nilai persentase yaitu 79% pada kategori baik dan pada siklus II meningkat dengan nilai persentase yaitu 88% pada kategori sangat baik. Berdasarkan tes berpikir tingkat tinggi siswa pada siklus I diperoleh dengan persentase 52% dan pada siklus II meningkat menjadi 72%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantu LKPD pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV B SDN 01 Ulak Karang Selatan. Agar kedepannya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:59
Last Modified: 21 Mar 2024 02:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19217

Actions (login required)

View Item View Item