PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS IV-C SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG

Vonny Aer Dwi, Putri and Hendrizal, Hendrizal (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS IV-C SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG. Diploma thesis, universitas bung hatta.

[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI VONNY AER DWI PUTRI.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB 1 & bab 2 vony.pdf

Download (258kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Skripsi Full Vonny Aer Dwi Putri 20-133.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu permasalahan pada aspek kognitif dan aspek afektif pada siswa, dan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila yang belum terlaksana dengan optimal. Sehingga berdampak kepada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV-C. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 76,49 meningkat disiklus II menjadi 87,22. Kemudian terjadi peningkatan hasil belajar afektif (kemampuan menyampaikan pendapat) dari siklus I 48,14% dengan rata-rata meningkat pada siklus II menjadi 88,88% dengan rata-rata. Dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV-C SD Islam Khaira Ummah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:29
Last Modified: 21 Mar 2024 02:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19245

Actions (login required)

View Item View Item