PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD N 24 BARUNG-BARUNG BALANTAI PESISIR SELATAN

Putri, Salsabilah and M., Sayuti (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD N 24 BARUNG-BARUNG BALANTAI PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I PUTRI SALSABILAH.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB V PUTRI SALSABILAH.pdf

Download (401kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI PUTRI SALSABILAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis teks narasi di kelas IV SD N 24 Barung-Barung Balantai Pesisir Selatan yang disebabkan saat proses pembelajaran siswa sulit dikondisikan dan masih menyalahkan teman. Guru juga menerapkan model pembelajaran yang kurang melibatkan partisipasi siswa dan media yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi pokok sehingga siswa kesulitan dalam menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis teks narasi menggunakan model Project Based Learning melalui media gambar seri. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran Project Based Learning dikemukakan oleh Nirmalasari, dkk (2022:30). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 24 Barung-Barung Balantai Pesisir Selatan yang berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, aktivitas keterampilan menulis teks narasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I analisis aktivitas guru sebanyak 69,23% meningkat pada siklus II menjadi 83,65%. Sedangkan analisis aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 75% meningkat pada siklus II menjadi 89%. Hasil aktivitas keterampilan menulis teks narasi siswa pada siklus I memperoleh nilai 64,70% meningkat padap siklus II menjadi 94,11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning melalui media gambar seri dapat meningkatakan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas IV SD N 24 Barung-Barung Balantai Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:54
Last Modified: 21 Mar 2024 07:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19287

Actions (login required)

View Item View Item