PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SD N 24 BARUNG-BARUNG BALANTAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Ulfah, Ramadhani and Yetty, Morelent (2024) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SD N 24 BARUNG-BARUNG BALANTAI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL SKRIPSI ULFAH RAMADHANI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ULFAH RAMADHANI 20-050 COVER.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI ULFAH RAMADHANI 20-050 (3).pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis pantun di kelas V SD N 24 Barung-Barung Balantai Pesisir Selatan yang disebabkan guru tidak bervariasi dalam menerapkan model dan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa pada proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis pantun menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media magic box. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran Project Based Learning dikemukakan oleh Rohimah & Saputra, (2023:103). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 24 Barung-Barung Balantai Pesisir Selatan yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan menulis pantun siswa, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan angket minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I lembar aktivitas guru sebanyak 72% meningkat pada siklus II menjadi 88%. Sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 71% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Ketuntasan keterampilan menulis pantun siswa pada siklus I sebesar 55% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Minat belajar siswa pada siklus I sebesar 78% pada siklus II meningkat menjadi 83% (meningkat sebanyak 5%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) melalui media magic box dapat meningkatakan keterampilan menulis pantun siswa kelas V SD N 24 Barung-Barung Balantai Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:54
Last Modified: 21 Mar 2024 07:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19288

Actions (login required)

View Item View Item