PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN MENGENAI DATA PRIBADI PENGGUNA LAYANAN APLIKASI GRAB DI KOTA PADANG

Fahrez Drata Kesuma, fahrez and Dr yofiza, Media S.H.,M.H (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN MENGENAI DATA PRIBADI PENGGUNA LAYANAN APLIKASI GRAB DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bunghatta.

[img] Text
cover, halaman pengesahan,abstrak,pendahuluan2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
simpulan dan saran , daftar pustaka2.pdf

Download (207kB)
[img] Text
SKRIPSI Fahrez Drata Kesuma full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan transportasi online, mengakibatkan permasalahan di bidang hukum perlindungan konsumen. Permasalahan yang sangat perlu diperhatikan mengenai perlindungan hukum terhadap data pribadi konsumen. Hal tersebut ada, karena mudahnya Grab untuk memperoleh data pribadi para konsumennya. Salah satu cara Grab dapat memperoleh data pribadi konsumennya adalah pada saat proses penggunaan layanan. Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah Perlindungan Hukum terhadap data pribadi konsumen pengguna layanan Transportasi online Aplikasi Grab? 2) Bagaimanakah Pertanggung jawaban penyedia layanan transportasi online Grab terhadap kerahasiaan data pribadi konsumen? Jenis Penelitian ini yuridis sosiologis, sumber data dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan Hasil Penelitian: 1) Perlindungan Hukum data pribadi konsumen pengguna layanan Transportasi online Aplikasi Grab, grab memberikan bentuk perlindungan hukum penggunaan informasi rahasia konsumen tidak sah oleh pihak ketiga, Grab melarang penggunaan perangkat lunak untuk tujuan yang menyimpang dari Grab, Grab hanya menggunakan data untuk keperluan layanannya. 2) Grab bertanggungjawab dan terbatas pada kewajiban yang diberikan Grab kepada konsumen. Grab tidak bertanggungjawab atas klaim kehilangan dan kerusakan yang disebabkan oleh pengguna. Apabila penyalahgunaan data tersebut terjadi di luar wewenang grab atau diluar aplikasi, grab memberikan informasi pengaduan atau pencegahan agar data tersebut tidak bocor atau disalahgunakan. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Data, Grab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:29
Last Modified: 21 Mar 2024 01:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19320

Actions (login required)

View Item View Item