PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN 05 SURAU GADANG

Agnes, Amanda Putri and Syafni, Gustina Sari (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN 05 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
.COVER DAN BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V DAN DARPUS.pdf

Download (336kB)
[img] Text
SKRIPSI AGNES AMANDA PUTRI 20-037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika dikelas IV SDN 05 Surau Gadang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis dengan model pembelajran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran matematika dikelas IV SDN 05 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 05 Surau Gadang, yang berjumlah 26 siswa terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dialkukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I dilakukan pembelajaran menggunakan model make a match nilai rata-rata kelas sebesar 80,65 sementara ketuntasan klasika mencapai 57,7%. Pada sikus II, setelah adanya perbaikan pembelajaran make a match pada siklus I, diserta dengan pemberian dorongan dan bimbingan kepada peserta didik untuk lebih aktif dalam mencari pasangan kartu, mempresentasikan hasil kelompok dan penguatan maka semakin meningkat pemahaman konsep siswa. Nilai rata rata kelas meningkat 88,15, sedangkan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 84,6%. Dengan demikian dpat disimpulkan bahwa model pemebelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SDN 05 Surau Gadang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:06
Last Modified: 21 Mar 2024 03:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19354

Actions (login required)

View Item View Item