PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA KELAS IV SDN 06 KAMPUNG LAPAI PADANG

Fadilla Fitri, Yanti and Wirnita, Wirnita (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA KELAS IV SDN 06 KAMPUNG LAPAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI FADILLA FITRI YANTI (20-173).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan membaca kritis siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran media yang digunakan guru kurang menarik sehingga siswa kurang tertarik untuk membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan membaca kritis melalui model Problem Based Learning (PBL) dan mendeskripsikan sejauh mana peningkatan nilai hasil belajar keterampilan membaca kritis melalui model PBL menggunakan media komik pada kelas IV SDN 06 kampung Lapai Padang. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran PBL dikemukakan oleh Shoimin (2016:130). Teori yang digunakan dalam membaca kritis dikemukakan oleh Paul (2006:3). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Padang yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata Peresentase aktivitas guru siklus I sebesar 70,00% meningkat pada siklus II menjadi 87,00%. Pada aktivitas siswa rata-rata presentasenya siklus I sebesar 62 % meningkat pada siklus II menjadi 83%, presentase rata-rata tes hasil belajar siklus I sebesar 74% meningkat pada siklus II menjadi 90,00%. dimana siswa mengalami perubahan cara belajar melalui model PBL siswa dapat menunjukan kemampuannya dalam membaca kritis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca kritis melalui model PBL menggunakan media komik dapat meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Padang. Kata kunci: keterampilan membaca, model Problem Based Learning (PBL), bahasa indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:57
Last Modified: 21 Mar 2024 03:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19361

Actions (login required)

View Item View Item