PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN

Suci, Kodri and Syafni, Gustina Sari (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bab kesimpulan daftar rujukan_ok.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Cover.HP.Abstrak.Daftarisi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI SUCI KODRI (20-033) PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar tes akhir siklus. Berdasarkan observasi guru diperoleh bahwa persentase guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yaitu 74,03% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,49%, sedangkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh persentase pada siklus I yaitu 46,7% (13 orang siswa) dan pada siklus II menjadi 67,9% (19 orang siswa). Hal ini berarti indikator keberhasilan dalam penelitian ini tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru agar dapat menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:03
Last Modified: 22 Mar 2024 02:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19363

Actions (login required)

View Item View Item