PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL HOTS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI KELAS IV A SD NEGERI 03 ALAI TIMUR

Sherina, Febrional and Zulfa, Amrina (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL HOTS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI KELAS IV A SD NEGERI 03 ALAI TIMUR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan menyelesaikan soal HOTS peserta didik di SD Negeri 03 Alai Timur dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang kurang memanfaatkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan penyelesaian soal HOTS peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan model Flipped Classroom di kelas IV A SD Negeri 03 Alai Timur. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A, yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan menyelesaikan soal HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh pendidik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Flipped Classroom terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus I sebesar 63,33% meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Persentase kemampuan penyelesaian soal HOTS dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom pada siklus I ada 16 peserta didik (57,14%). Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 22 orang (78,57%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Flipped Classroom telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan penyelesaian soal HOTS peserta didik kelas IV A SD Negeri 03 Alai Timur. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Flipped Classroom dapat dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:17
Last Modified: 21 Mar 2024 05:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19374

Actions (login required)

View Item View Item