PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI SDN 47 KORONG GADANG KOTO PADANG

Sania, Nahdatul Fatma and Siska, Angreni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI SDN 47 KORONG GADANG KOTO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover dan Bab 1.pdf

Download (917kB)
[img] Text
Bab V dan Daftar Rujukan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Skripsi Sania Nahdatul Fatma 20-116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model problem solvingsiswa kelas VI SDN 47Korong Gadang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru, dan tes belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan proses pembelajaran guru pada siklus I 79% dengan kategori cukup dan pada siklus II 85% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar juga meningkat dimana rata-rata hasil belajar peserta didik di siklus I adalah 69,6denganketuntasanklasikal48%,sementararata-ratahasilbelajardiakhirsiklus II adalah 87 dengan ketuntasan klasikal 80%. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa di SDN 47 Korong Gadang Padang menggunakan model probem solving. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model problem solving agar kedepannya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:18
Last Modified: 21 Mar 2024 05:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19380

Actions (login required)

View Item View Item