PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V-A PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI SDN 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG

Teguh, Andika and Ade, Sri Madona (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V-A PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI SDN 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK,DAFTAR PUSTAKA, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangangi oleh kurangnya hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V-A. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V-A. Penelitian ini adalah penelitian yang tindakan kelas yang tahapannya perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang mana masing-masing siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 23 siswa. Model dala penelitian ini adalah dengan menggunakan model active knowledge sharing. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi afektif siswa, lembar tes akhir di setiap akhir siklus. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa dari 65,21% pada siklus I meningkat menjadi 82,60% pada siklus II, lembar observasi afektif dalam tanggung jawab dari 80,43% pada siklus I meningkat menjadi 82,60% pada siklus II. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan model active knowledge sharing dapat meingkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa dan disarankan guru agar dapat memilih model yang relevan salah satunya dengan menggunakan model active knowledge sharing. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Active Knowledge Sharing, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:41
Last Modified: 21 Mar 2024 04:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19386

Actions (login required)

View Item View Item