PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD IT NURUL IKHLAS KOTA PADANG

Retno Wahyu, Lestari and M., Tamrin (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD IT NURUL IKHLAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN ATAU PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas V SD IT Nurul Ikhlas Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 43 orang. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian yang terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas V Mekkah dan kelas V Medinah, dengan menggunakan teknik total sampling didapatkan kelas V Mekkah sebagai kelas kontrol dan kelas V Medinah sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t, karena data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata kelas eksperimen 92 dan nilai rata-rata kelas kontrol 86,2. Hasil itu menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol. Setelah dilakukan pengolahan data uji-t diperoleh thitung = 1,7367 dan ttabel = 1,68595, di mana thitung > ttabel yaitu 1,7367 > 1,68595, sehingga hipotesis H1 diterima. Jadi, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas V SD IT Nurul Ikhlas Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:25
Last Modified: 21 Mar 2024 04:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item View Item