PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL PROJECT-BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS II SDN 034/XI DESA KOTO TELUK KEC. HAMPARAN RAWANG KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI

sinta, putri bulang and Yetty, Morelent (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL PROJECT-BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS II SDN 034/XI DESA KOTO TELUK KEC. HAMPARAN RAWANG KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover 1 (1).pdf

Download (979kB)
[img] Text
file 2 bab 5 saran.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Film 3 bab 1 lampiran (2).pdf

Download (6MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara siswa kelas II SDN 034/XI Koto Teluk Kec. Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh yang di sebabkan pada saat proses pembelajaran media yang kurang digunakan guru kurang menarik sehingga sehingga siswa kurang tertarik berberbicara kedepan .tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran kemampuan berbicara melalui model project-besed learning dengan media gambar seri dan mendeskrisikan sejauh mana peningkatan nilai hasil belajar siswa kemampuan berbicara melalui model project-based learning mengunakan media gambar seri pada kelas II SDN 034/XI Koto Teluk Kec.Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi teori yang digunakan dalam model PJBL dikemukakan oleh Trianto (2014:42). Teori yang dilakukan digunakan dalam kemampuan berbicara dikemukakan oleh Suhendra (2004: 16). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 034/Koto Teluk Kec. Hamparan Rawang yang berjumlah 13 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktuvitas guru, pengematan aktivitas siswa, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase aktivitas guru siklus I sebesar 71,42% meningkat pada siklus II menjadi 92,85% pada aktivitas siswa rata-rata presentasenya siklus I sebesar 55% meningkat pada siklus II menjadi 85% persentase rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 49,99 meningkat pada siklus II 87,69. siswa mengalami perubahan cara belajar melalui model project-besed learning dengan media gambar seri siswa dapat menunjukan kemampuan nya dalam berbicara. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bawah pembelajaran Bahasa Indonesia dalam berbicara melalui model project-besed learning menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II SDN 034/XI Koto Teluk Kec.Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Kata kunci: Berbicara, pembelajaran bahasa indonesia, model pembelajaran project-besed learning dengan media gambar seri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:22
Last Modified: 21 Mar 2024 04:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19459

Actions (login required)

View Item View Item