MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V MELAUI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDN 13 PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

Rosyidatun, Nisa and M., Nursi (2024) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V MELAUI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDN 13 PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
SKRIPSI FULLL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V di SDN 13 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, dimana penilaian sumatif 1 hanya 15 orang siswa (44%) yang menguasai materi pembelajaran Pendidikan Pancasila, dengan target untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas V pada ranah kognitif pengetahuan (C1), pemahaman (C2) dan afektif menghargai (A3) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi. Sebagai penelitian tindakan kelas, penelitian ini yang dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus dengan subjek berjumlah 34 orang, menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar penilaiain hasil pembelajaran ranah afektif, tes hasil pembelajaran ranah kognitif dan kamera. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa, pada siklus pertama meningkat dari 44% menjadi 76% (naik 32%), pada siklus kedua meningkat dari 76% menjadi 90% (naik 14%). Sedangkan hasil pembelajaran ranah afektif siswa, pada siklus pertama meningkat dari 65% menjadi 79% (naik 14%), pada siklus kedua meningkat dari 79% menjadi 90% (naik 11%). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi di SDN 13 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Berdiferensiasi, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:10
Last Modified: 21 Mar 2024 04:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19466

Actions (login required)

View Item View Item